Blogroll

Selamat Datang di Iwan Gazz Blog -> Semoga bermanfaat untuk kita semua dan khususnya saya pribadi..

Kamis, 08 Desember 2011

Membuat Efek Glossy di Photoshop

Membuat efek glossy
Efek glossy merupakan efek yang sederhana namun bisa memberikan hasil yang cukup menarik karena gambar kita dapat terlihat seperti mempunyai efek glossy.
Berikut tutorialnya, membuat objek dengan efek glossy


(1) Buka program Photoshop Anda
(2) Buatlah bentuk gambar sesuka Anda dengan menggunakan Custom Shape Tool atau yang lainnya. Jangan lupa mengaktifkan Shape Layers pada toolbar.


(3) Anda bisa memberi warna dengan cara mengklik salah satu warna pada Pallete Colour, lalu tekan tombol Alt + Del pada keyboard


(4) Selanjutnya, klik menu Layer – Layer Style – Gradient Overlay. Lalu klik pada daerah yang diberi garis merah di bawah, sehingga muncul boks Gradient Editor. Pilih present dengan nama Foreground to Transparent, lalu dobel klik pada glider yang berada di kiri bawah, lalu pilihlah warna sesuka Anda dan klik OK dan OK. Sesuaikan efek seperti yang Anda inginkan, klik OK.






(5) Selanjutnya gunakan tool Pen Tool. Pada toolbar, aktifkan Path.



(6) Buat seleksi sesuai dengan keinginan Anda dengan menggunakan Pen Tool tadi, mungkin Anda membutuhkan sedikit waktu untuk terbiasa menggunaka Pen Tool. Buat seleksi sampai seleksinya tertutup membentuk sebuah bidang.


(7) Dengan Pen Tool masih aktif, klik kanan bidang yang terbentuk, lalu klik Make Selection.


(8) Pada boks yang muncul, pada Feather Radius, isikan 0 jika Anda tidak menghendaki adanya efek blur, atau isikan angka yang lebih besar untuk mendapatkan efek blur. Klik OK.


(9) Maka bidang tadi akan berubah menjadi seleksi. Selanjutnya adalah, buat layer baru dengan dengan cara mengklik tombol Create a New Layer pada pallete Layer. Klik layer “Layer 1”, pada palet warna pilih warna putih, lalu tekan tombol [Alt] + [Del] untuk memberi warna putih pada seleksi yang telah kira buat tadi.


(10) Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

(11) Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl + D. Lalu pada layer ”Layer 1”, tekan dan tahan tombol [Alt] sehingga pointer akan berubah menjadi seperti pada gambar di bawah.


(12) Lalu klik pada perbatasan antara Layer 1 dengan Shape 1. Maka Layer 1 akan terpotong mengikuti bentuk pada Shape 1

(13) Klik pada Layer 1, lalu atur nilai dari Opacity antara 10-50% tergantung selera Anda.


(dengan berkreasi lebih, Anda bisa juga membuat objek yang lainnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar